5 Manfaat Mengambil Risiko Lebih Banyak

Posted by: Tri Ita Winarsih | 12/11/2020 | Kategori: Motivasi | 954 kali dibaca | Rating: 961

Satu perbedaan mencolok antara orang sukses dan orang gagal adalah keberanian mereka mengambil lebih banyak risiko. Bagi orang sukses, risiko adalah satu peluang untuk mendapatkan pencapaian yang lebih besar. Satu kemudahan yang akan membawa mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

Sedangkan bagi orang gagal, risiko adalah satu kondisi yang sangat tidak menyenangkan. Jika bisa, mereka akan menghindar atau menolak risiko yang ada di depan mata.

Orang gagal sangat menikmati segala sesuatu yang “berbau” nyaman. Seperti pekerjaan, penghasilan tetap, tempat tinggal bahkan hubungan sekalipun. Sayangnya, mereka justru mengeluh tentang pencapian hidup yang mereka dapatkan.

Lain halnya dengan orang sukses, rasa aman tetaplah penting. Tapi, mereka sadar rasa aman hanya akan membuat mereka berputar-putar di satu titik yang sama. Kesadaran inilah yang mendorong mereka untuk mengambil lebih banyak risiko.

Terbukti dari kualitas dan pencapaian hidup yang mereka dapatkan. Orang sukses menikmati hal-hal yang tidak bisa dicapai oleh orang gagal.

“Mengambil risiko. Apakah Anda suka mengambil risiko?”

Risiko memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang seseorang. Risiko memang kelihatan “menakutkan”. Tapi, menghadapi dan melewati risiko adalah satu-satunya jalan untuk sampai ke puncak kesuksesan.

Tidak masalah, seberapa sering Anda sukses atau gagal mengatasi setiap risiko yang ada. Sadar atau tidak, Anda akan tetap mendapakan manfaat dan pengalaman yang tidak ternilai harganya.

Di artikel ini kita akan membahas tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari mengambil lebih banyak risiko. Mari kita bahas satu persatu :

1. Risiko Menciptakan Perubahan
Sekecil apapun risiko yang diambil, ia tetap membawa efek perubahan dalam kehidupan seseorang. Semakin besar risiko yang diambil, semakin besar pula perubahan yang ia bisa dapatkan.

Memang melakukan sesuatu yang berbeda bukanlah satu hal yang menyenangkan. Membuat pikiran menjadi lebih kreatif untuk berpikir sukses dan gagal dalam mengatasi risiko.

Kondisi tidak nyaman ini, sering kali membawa seseorang untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. Seperti mencari informasi di internet, membentuk kebiasaan membaca atau membaca lebih banyak buku, datang ke seminar, atau bertanya kepada orang yang dianggap bisa memberi solusi.

Ini semua untuk memuaskan pikiran kreatif mereka agar tidak terjadi sesuatu yang buruk di masa depan.

2. Risiko Membuat Anda Lebih Hidup
Akan ada kepuasan tersendiri jika Anda berhasil mengatasi sebuah risiko. Meskipun di waktu lain Anda akan mendapatkan rasa yang tidak menyenangkan karena melakukan kesalahan atau gagal mengatasi risiko yang ada. Pada akhirnya, kedua-duanya tetap memberi kesempatan dan pembelajaran untuk bertumbuh.

Keberhasilan inilah yang membuat orang sukses “kecanduan” untuk mendapatkan rasa yang sama di masa depan. Bukan hanya sekedar rasa, pencapaian dan penghargaan yang diberikan orang lain juga menjadi motivasi tersendiri.

Bukan hanya sekedar mendapat kehidupan yang memuaskan, secara tidak langsung mereka mengasah otak mereka menjadi lebih kreatif. Seperti mencari solusi untuk mengatasi risiko yang ada, bahkan memaksa pikiran mereka untuk tetap tenang memikirkan jalan keluar.

Jadi, janganlah ragu untuk mengambil lebih banyak risiko. Lihat dan rasakan sendiri kegetaran emosi yang muncul. Anda akan merasa jauh lebih hidup saat mengambil risiko daripada melakukan rutinitas biasa Anda.

Jangan memfokuskan diri pada kelemahan Anda, tubuh dan pikiran Anda akan menyesuaikan diri membantu Anda mengatasi masalah yang ada.

3. Risiko Menciptakan Standar Hidup yang Lebih Tinggi
Untuk berhasil mengatasi risiko yang ada, seseorang akan memaksa dirinya meningkatkan kualitas dirinya. Mulai dari cara berpikir, berbicara, berpakaian, skill, kepribadian, spiritual, sampai hal-hal yang detail seperti makanan.

Kondisi ini membuat mereka secara tidak sadar meningkatkan standar diri. Sesuatu yang dulunya nyaman akan diganti dengan sesuatu yang lebih atau dulunya dirasa cukup sekarang sudah tidak lagi.

Ini semua karena mereka berhasil keluar ke dari zona nyaman dan berhasil masuk ke zona baru yang lebih mendukung kemajuan diri mereka.

4. Risiko Sebagai Jembatan untuk Mengenal Diri Lebih Dalam
Mengambil risiko akan menghantarkan Anda pada pengenalan diri yang lebih dalam. Mulai dari kelebihan dan kekurangan, kebaikan dan keburukan, sampai potensi terpendam yang belum Anda ketahui.

Risiko adalah satu cara untuk mengekspresikan ide secara bebas. Ia akan mengajarkan lebih banyak hal tentang diri Anda sendiri. Hal yang tidak diketahui orang banyak.

Tampak jelas pada risiko yang sulit diatasi. Anda akan lebih banyak berpikir dan berbicara kepada diri sendiri untuk mencari jalan keluar.

Pada satu titik tertentu, Anda akan mendapatan satu pencerahan tentang alasan mengapa Anda tidak bisa mengatasi risiko yang ada atau mengapa Anda harus berhadapan secara langsung dengan risiko itu sendiri.

Dan pada akhirnya, Anda akan menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Ini akan membimbing Anda menemukan diri Anda yang belum pernah Anda jumpai sebelumnya. Ini hanya terjadi selama Anda mau membuka diri untuk mengenal diri Anda sendiri lebih dalam.

5. Risiko Mengajarkan Anda Tentang Proses
Satu pelajaran yang paling berharga dari mengambil risiko adalah, belajar tentang proses. Banyak masyarakat saat ini ingin mendapatkan hasil kerja yang cepat, instan, kalau bisa tidak perlu melewati proses. Langsung dapat dan bisa dinikmati saat itu juga.

Ini terlihat jelas dari banyaknya pekerjaan yang menawarkan penghasilan besar, bentuk investasi yang menggiurkan dan banyaknya pelajar wanita masuk ke “dunia kelam.” Semua semata-mata karena pemuasan keinginan yang tidak bisa mereka kendalikan.

Inilah yang risiko ajarkan tentang proses. Untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, seseorang harus melewati sebuah proses. Melakukan tindakan nyata dan menunggu sampai waktunya tiba.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Loker Masindo Group

by: Tri Ita Winarsih | 20 March 2020

Loker Masindo Group 2022

by: Ali Rahmattulloh | 04 June 2022

9 Tips Membangun Kerja Sama Tim Yang Baik

by: Tri Ita Winarsih | 03 July 2020

Berani Mencoba Hal Baru

by: Tri Ita Winarsih | 19 December 2020

Best of The Week 15 March 2020

by: Tri Ita Winarsih | 23 March 2020

5 Cara Menghindari Kesalahan Yang Sama

by: Tri Ita Winarsih | 25 February 2021

Road Meeting 2 - Cikampek

by: Tri Ita Winarsih | 21 July 2020

Pembukaan Kantor Cabang Baru - Masindo Group

by: Tri Ita Winarsih | 06 November 2020

Pentingnya Kesabaran Untuk Meraih Kesuksesan

by: Tri Ita Winarsih | 28 December 2020

Best of The Week 22 March 2020

by: Tri Ita Winarsih | 30 March 2020

POST TERBARU

Kunci sukses adalah konsisten

by: Ali Rahmattulloh | 19 January 2024

Berfikir positif dan selalu bersyukur

by: Ali Rahmattulloh | 12 January 2024

Tahun baru mulai lembaran baru

by: Ali Rahmattulloh | 29 December 2023

Berjuang untuk mewujudkan mimpi

by: Ali Rahmattulloh | 22 December 2023

Tetap produktif ditengah ribetnya hidup

by: Ali Rahmattulloh | 08 December 2023

PROMOSI ASSISTANT MANAGER - AGUS SUSANTO

by: Ali Rahmattulloh | 21 November 2023

Kamu lebih kuat dari yang kamu pikirkan

by: Ali Rahmattulloh | 14 November 2023

Siapapun boleh kalah tapi jangan pernah menyerah

by: Ali Rahmattulloh | 07 November 2023

Rizki sudah ada yang mengatur

by: Ali Rahmattulloh | 31 October 2023